Lampiran Kata-kata

Kumpulan Kata-kata Terbaru

Sunday, November 26, 2017

Introspeksi Diri! 90 Kata-kata Bijak Renungan Hati

Merenung bukan berarti kita sedang melamun. Merenung merupakan suatu proses pembelajaran dalam kehidupan, dari apa yang sudah dilalui atau yang sudah didapat dari kehidupan orang lain atau dari pengalaman diri sendiri.

Kata-kata bijak atau mutiara renungan hati ini bisa dengan mudah kalian renungi dan resapi secara lebih dalam sebagai salah satu bentuk penambah pengalaman batin dan perbendaharaan jiwa. Tidak hanya itu saja, bisa juga memberikan suatu movitasi baru sehingga bisa memicu semangat dalam menuju hal yang jauh lebih baik tentunya.

Berikut ini beberapa kumpulan kata-kata mutiara renungan hati di dalam kehidupan, yang mana bisa dijadikan sebagai suatu bahan evaluasi dan motivasi di dalam diri sendiri.

Kata-kata Bijak Renungan Hati

Renungan Hati

1. Pembalasan yang setimpal ialah dengan cara melupakan kesalahan orang lain.

2. Bagaimanapun perjalananmu tetap dimulai dengan 1 langkah.

3. Tak ada seorangpun yang bisa kembali ke masa lampau untuk membuat suatu awal yang baru. Akan tetapi, setiap orang bisa memulai saat ini untuk membuat suatu akhir dari yang baru.

4. Jika kau merasa sedih karena gagal untuk memperoleh yang diinginkan atau didambakan, duduklah dengan mantap dan coba berbahagialah, karena Tuhan tengah menyiapkan segala hal yang jauh lebih baik untukmu.

5. Ukuran cinta ada saat kau mencintai seseorang tanpa adanya ukuran.

6. Lebih baik harus kehilangan harga dirimu karena orang yang kamu cintai daripada kehilangan orang yang kamu cintai karena harga dirimu.

7. Jangan kau tinggalkan sahabat lama, karena kau tak akan pernah memperoleh gantinya.

8. Kekecewaan itu diibaratkan sebuah jalan yang berbongkah, sedikit melambatkan alur gerakmu, namun kau akan tetap menikmati jalan halus setelahnya.

9. Berilah makan yang kenyang terhadap keyakinanmu dan niscaya keraguan yang kamu miliki akan mati kelaparan.

10. Berdiri di tengah jalan itu sangat berbahaya, kau bisa tertabrak oleh kendaraan dari 2 arah.

11. Pohon yang besar dahulu hanyalah suatu biji kecil yang tergeletak dan tertanam di tanah.

12. Memaafkan seperti membebaskan pesakitan dari suatu penjara dan selanjutnya kamu tahu jika si pesakitan itu ialah kamu sendiri.

13. Hargailah semua yang masih kamu miliki, sebelum mereka hilang menjauh darimu dan akhirnya kamu sadar betapa berharganya dia bagi dirimu di kehidupanmu.

14. Segala sesuatu yang ada di dunia itu sifatnya hanya sementara saja. Jika semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar, maka nikmatilah, karena hal ini tentu tak akan berlangsung lama. Apabila tak berjalan dengan baik, maka jangan khawatir jika hal itu juga tak akan berlangsung lama juga.

15. Dengan doa mampu memberikan kekuatan pada orang-orang yang lemah, membuat orang tak percaya menjadi percaya dan memberikan suatu keberanian pada orang yang ketakutan.

Kata-kata Bijak Renungan Hati


16. Ilmu dan kebijaksanaan itu menjadi sahabat yang setia di dalam hidup, hingga saat napas terlepas dari badan.

17. Berpikir sebelum berbuat merupakan suatu bentuk kebijaksanaan, berpikir setelah berbuat merupakan suatu kebodohan, sementara berbuat tanpa berpikir merupakan berjuta kebodohan.

18. Jadilah kamu manusia di saat dilahirkan, semua orang tertawa bahagia, namun hanya kamu sendiri yang menangis. Dan di saat kematian dirimu, semua orang menangis sedih namun hanya kau sendiri yang tersenyum.

19. Berduka, berkabung dan menyesali tak akan pernah bisa mengubah suatu keadaan. Hanya cukup bergerak, melangkah dan melakukan suatu hal yang mampu menggantikan kedukaan menjadi suatu kebahagiaan di masa depan.

20. Hidup ibarat kita sedang menaiki sepeda, agar tak terjatuh dari sepeda, kita harus bisa menjaga keseimbangan, kita harus tetap bergerak dan mengayuhkan kaki.

21. Jika kamu melihat dunia, maka lihatlah ke bawah, karena dengan kamu menengadah, maka kamu mampu mendapatkan sakit leher dan mata yang berkunang-kunang.

22. Hidup ini seperti piano, berwarna putih dan hitam. Akan tetapi, di saat Tuhan yang memainkannya, semua itu menjadi indah.

23. Hanya karena kamu mendengar apa yang dilakukan oleh seseorang, tak berarti kamu bisa menghakiminya, kamu tak tahu apa yang telah dilalui olehnya.

24. Tinggalkanlah kesenangan yang mampu menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan harus berhati-hati karena beberapa kesenangan itu ternyata cara gembira menuju sebuah kegagalan.

25. Matahari yang sebesar itu juga memerlukan bulan untuk bisa menerangi di setiap sudut bumi.

26. Ingat jika selalu ada hal yang membedakan seorang yang mulia dan seorang yang bodoh. Orang bijak akan selalu menyalahkan dirinya dan orang bodoh akan selalu menyalahkan orang lain.

27. Sesuatu yang baik belum tentu benar dan sesuatu yang benar belum tentu baik. Sesuatu yang bagus belum tentu berharga dan sesuatu yang berharga belum tentu bagus.

28. Jangan mencari Tuhan karena kamu membutuhkan suatu jawaban, carilah Tuhan karena kamu tahu jika Dia adalah jawaban yang kamu butuhkan.

29. Senyum mampu menyelesaikan banyak masalah dan diam mampu membuat diri kita terhindar dari banyak masalah.

30. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang besar ialah dengan mencintai apa yang kamu lakukan walau sebenarnya kamu membenci suatu hal tersebut.

Kata-kata Bijak Renungan Hati


31. Kegagalan menjadi peluang untuk hal yang jauh lebih baik karena dengan adanya kegagalan menjadi suatu batu loncatan untuk pengalaman yang berharga. Suatu hari nanti, kamu akan bersyukur atas beberapa kegagalan yang sudah berhasil dilalui.

32. Dengan melihat ke belakang akan membawa suatu kejelasan di masa depan. Belajar dari kesulitan terlebih dahulu akan membawa berkah untuk sekarang dan nanti.

33. Jangan takut dengan bayangan, karena bayangan berarti ada suatu cahaya yang bersinar di dekatnya.

34. Gagal bukan berarti kita tak bisa, melainkan kita tak mau menghindari kegagalan. Satu-satunya cara untuk menghindari kegagalan ialah dengan menggapai kesuksesan.

35. Bijaksana merupakan kumpulan dari perjalanan hidup kita. Kebijaksanaan tak bisa dicari dan tak bisa diberi serta tak bisa dibagi. Kebijaksanaan adalah diri kita sendiri.

36. Jangan pernah kita terlemahkan oleh adanya angin permasalahan. Layang-layang mampu terbang tinggi karena berani melawan angin. Hanya layang-layang yang putus benang yang akan hanyut oleh angin.

37. Jika Anda melalui hidup tanpa adanya masalah, maka ketahuilah jika Anda sedang melewatkan masa terindah di dalam hidup Anda.

38. Saat kau berpikir tentang orang yang cantik dan tampan, maka pikirkanlah jika kau adalah bagian dari mereka.

39. Kamu harus menjadi ulat terlebih dahulu apabila akan menjadi kupu-kupu.

40. Waktu akan terasa begitu lambat untuk mereka yang hanya menunggu, terlalu panjang untuk yang gelisah dan terlalu pendek untuk yang sedang bahagia. Akan tetapi, waktu menjadi keabadian untuk mereka yang mampu bersyukur.

41. Kebahagiaan ialah pengalaman spiritual di mana setiap menit hidup dilalui dengan rasa cinta dan rasa syukur.

42. Melepaskan orang yang dicintai akan jauh lebih sulit dibandingkan dengan menerima cinta yang baru untuk hatimu.

43. Jangan terlalu lama menangisi apa yang sudah terjadi, hal yang kamu tangisi saat ini mungkin menjadi hal yang patut kamu syukuri di suatu saat nanti.

44. Di dalam hidup, Anda tak akan selalu memperoleh apa yang paling Anda inginkan, terkadang Anda hanya memperoleh suatu pelajaran yang mana lebih Anda butuhkan.

45. Sesuatu yang tampak ialah hak yang tak akan pernah kekal. Mata, telinga dan bibir tak bisa bercerita lebih panjang dari usia manusia.

Kata-kata Bijak Renungan Hati


46. Jangan marah karena Anda tak bisa membuat orang lain seperti yang Anda inginkan, karena bahkan Anda tak bisa membuat diri Anda seperti yang Anda inginkan.

47. Bersyukur dengan apa yang Anda miliki sekarang dan terus tetap berjuang untuk apa yang Anda inginkan besok.

48. Wanita dewasa bukanlah dia yang ingin terlihat sempurna untuk semua pria, melainkan dirinya yang ingin terlihat cantik untuk satu pria yang dicintainya.

49. Tuhan sebenarnya sudah menyediakan suatu penyelesaian terhadap kesulitan yang tengah kita hadapi, namun Tuhan tak segera menurunkan penyelesaiannya karena ingin tahu seberapa besar cinta kita kepadaNya.

50. Terkadang, seseorang jauh lebih memilih untuk tersenyum hanya karena tak ingin menjelaskan mengapa dirinya bersedih.

51. Menjadi sukses itu bukanlah suatu kewajiban, yang menjadi kewajiban ialah perjuangan kita untuk menjadi sukses.

52. Hidup itu maju ke depan dan bukan mundur ke belakang. Lupakan semua hal yang sudah berlalu dan jadikanlah suatu patokan untuk jauh lebih baik lagi di masa depan.

53. Mata bisa melihat dengan jelas namun hanya hati saja yang bisa melihatnya dengan jujur.

54. Orang yang sibuk mengejar kepentingan dirinya sendiri akan menciptakan banyak lawan.

55. Hidup yang berguna ialah hidup yang saat petang akan menjelang sudah tersedia kayu bakar guna menghadapi malam yang akan datang.

56. Inti keperjuangan ialah menjalani dengan usaha dan ditambah dengan rasa ikhlas.

57. Jadikanlah masa lalu sebagai pengalaman dari pelajaran, masa yang sedang berjalan ini haruslah diisi dengan amal dan perbuatan dan masa depan jangan terlalu diangan-angankan.

58. Orang yang cemerlang dalam melihat suatu halangan sebagai peluang untuk mengasah potensi, di saat orang lain menganggap setiap halangan menjadi sebuah alasan yang menjadi penyebab kegagalannya.

59. Hati yang terluka itu seumpamanya besi yang bengkok, walau sudah diketuk, sulit lagi untuk menjadi bentuk asalnya.

60. Jika dengan hal kecil saja engkau tak bisa bersyukur, maka bagaimana engkau bisa bersyukur atas hal-hal yang jauh lebih besar?

Kata-kata Bijak Renungan Hati


61. Dunia menjadi komedi untuk mereka yang melakukannya atau malah tragedi untuk mereka yang merasakannya.

62. Teguran dan kritikan itu ibaratkan obat. Tersa pahir di awal namun akan terasa khasiatnya saat sudah diminum.

63. Apapun yang terjadi, nikmatilah hidup ini, hapus air mata dan berikan senyummu. Terkadang, senyum terindah datang setelah air mata penuh luka.

64. Waktu yang sudah berlalu tentu tak akan bisa kembali lagi. Jika kamu cinta dengan hidupmu, maka jangan sia-siakan waktumu yang sangat berharga.

65. Tak ada seorangpun yang bisa kembali ke masa lampau untuk membuat suatu awal yang lebih baru. Akan tetapi, setiap orang bisa memulai saat ini untuk membuat suatu akhir dari yang baru.

66. Nasib bukan persoalan kesempatan, melainkan pilihan, yakni bukan suatu hal yang harus ditunggu, melainkan suatu hal yang harus diupayakan.

67. Kita tak bisa menambah umur di dalam kehidupan, namun kita bisa menambahkan kehidupan yang lebih ceria di dalam umurmu.

68. Tuhan tak menjanjikan hari-hari tanpa adanya kesedihan, tawa tanpa sedih, panas tanpa hujan, namun Tuhan menjanjikan kekuatan untuk menghadapi hari-hari yang sulit, hiburan untuk tangisan dan petunjuk untuk menjalani kehidupan.

69. Kau tak bisa membuat seseorang untuk mencintai dirimu namun kau bisa menjadi seseorang yang patut untuk dicintai.

70. Kita menghabiskan banyak waktu untuk mencari orang yang pantas untuk dicintai atau mencari kesalahan orang yang kita cintai. Padahal, seharusnya kita bisa menyempurnakan cinta yang telah kita berikan.

71. Kesedihan melihat ke belakang, kegelisahan melihat ke sekeliling dan keyakinan untuk terus melihat ke atas.

72. Masa depan yang cerah berdasar dari masa lalu yang sudah dilupakan. Kamu tak bisa melangkah dengan baik di dalam hidupmu hingga kamu melupakan kegagalan dan rasa sakit hati.

73. Harapan tinggallah sebuah harapan apabila tak disertai dengan tindakan, impian tinggallah impian jika tak selaras dengan adanya kemauan.

74. Kelakuan kita terhadap kehidupan mampu menentukan sikap kehidupan terhadap diri kita.

75. Seseorang tak pernah bisa mencintai Anda dengan tulus dan apa adanya apabila Anda selalu menyembunyikan kekurangan Anda dari dirinya.

Kata-kata Bijak Renungan Hati


76. Menunggu memang sangat menyebalkan, membosahkan dan menggelisahkan. Sama halnya dengan seorang pemalas, yang seumur-umur hanya menunggu waktu yang tak kunjung berakhir.

77. Sebenarnya, kamu lebih berani dari apa yang sudah diduga, lebih kuat dari apa yang sudah kamu tahu dan lebih pandai dari apa yang kamu kira. Namun, itu semua tersembunyi dibalik dinding tipis yang bernama keragu-raguan.

78. Diam bukan suatu kelemahan apabila diiringi dengan perbuatan dan dengan hasil yang nyata.

79. Percayalah jika satu pintu tertutup, maka sebenarnya ada pintu yang lain yang akan selalu terbuka.

80. Hidup adalah memilih, namun untuk memilih dengan baik, Anda harus bisa tahu siapa Anda dan apa yang akan Anda perjuangkan, ke mana Anda ingin pergi dan mengapa Anda ingin bisa sampai di sana.

81. Terkadang, kita sendiri terlalu fokus terhadap kelemahan kita dan melupakan kelebihan yang dimiliki. Padahal, setiap manusia itu diciptakan untuk menjadi pemenang dengan semua kelebihan yang sudah dimiliki.

82. Masa-masa terbaik di dalam hidup ialah di saat kita bisa menyelesaikan masalah secara sendiri dan masa suram itu ialah kita menyalahkan orang lain atas masalah yang sudah kita hadapi.

83. Tuhan menciptakan rasa sabar sebagai pasangan dari rasa syukur. Keindahan dari rasa syukur itu akan hadir saat didampingi oleh rasa sabar.

84. Pandanglah orang yang berada di bawah kamu dan jangan memandang kepada yang ada di atasmu, karena itu akan lebih layak untuk dirimu sadar betapa beruntungnya dirimu.

85. Jika kegagalan itu bagaikan hujan dan keberhasilan itu bagaikan matahari, maka membutuhkan dua komponen tersebut untuk bisa melihat suatu pelangi yang indah dan menawan.

86. Yang menentukan masa depan bukanlah suatu kekayaan, kedudukan atau kebahagiaan, melainkan ke arah mana yang akan Anda bawa semua itu.

87. Banyak manusia yang tak sadar jika setelah rasa syukur akan hadir rasa kebahagiaan.

88. Sebuah senyuman bisa terjadi secepat kilat, namun kenangannya itu mampu bertahan seumur hidup. Maka, tersenyumlah.

89. Kejayaan merupakan tangga bambu yang tak bisa dipanjat hanya dengan tangan yang masuk ke dalam kantong celana.

90. Percayalah jika hari ini akan jauh lebih indah dari hari kemarin apabila kita berani mengawalinya dengan doa dan senyuman.

Rekomendasi artikel : 25 Kata-kata Bijak dan Mutiara Awan Mendung


Itulah 90 kata-kata mutiara atau bijak renungan hati yang harus bisa diterapkan di segala hari, baik itu pagi, siang atau malam hari agar kita bisa bertindak atau berbuat lebih baik lagi di lain hari.

Sebaik-baiknya manusia ialah manusia yang mau merenung atas segala yang sudah diperbuat dan meratapinya untuk menjalani hari selanjutnya dengan jauh lebih kuat.

0 Komentar Introspeksi Diri! 90 Kata-kata Bijak Renungan Hati

Post a Comment

Social Media

Back To Top